Fashion mode from Era Victoria

konnichiwa minaa san ^^ ane  mau ngebahas sedikit tentang fashion nih , tapi bukan sekedar fashion nah disini ada yang suka anime kaga? klopada suka berarti udah tahu dong fashion anime ala era victoria. sebelum itu ane mu ngasih tahu apa itu era victoria, silahkan dibaca ^^

Era Victoria dalam sejarah Britania Raya adalah periode pemerintahan Ratu Victoria dari 20 Juni 1837 sampai kematiannya pada 22 Januari 1901. Era ini ditandai oleh periode panjang perdamaian, kemakmuran, kejayaan Britania di kancah internasional, dan tingginya rasa percaya diri nasional warga Britania.[1] Beberapa pakar berpendapat bahwa kejayaan politik Britania pada era Victoria dimulai setelah disahkannya Undang-Undang Reformasi 1832. Era ini didahului oleh era Georgedan dilanjutkan oleh era Edward. Setengah periode era Victoria bertepatan dengan era Belle Époque Eropa dan Gilded AgeAmerika Serikat.

udah tahu kan apa itu era Victoria, kenapa ane ngebahas ini? ane adalah otaku atau orang yang suka anime. saat ane nonton anime disitu ane lihat pakaian yang dipakai karakter lucu bukan hanya itu menurut ane juga elegan setelah itu ane cari tahu asal usul pakaian itu. ternyata itu adalah pakaian dari abad pertengahan atau era victoria pada zaman itu pakaian yang dipakai berupa gaun yang berumpak untuk cewe dan setelan jas dan topi untuk cowo biar lebih jelas mending baca ulasanya.

Ngga kaya busana jaman sekarang yang mengekspose body dengan pakaian-pakaian yang minim, pakaian di era Victorian lebih seperti gaun yang tertutup hingga mata kaki.

pada zaman itu moder gaun bertumpuk atau ruffle sangat ‘in’ di kalangan wanita-wanita. dan menurut ane itu keren abiss, soalnya walaupun ruffle itu bikin kesan ribet dan gerah, aksen itu bikin si pemakai gaun lebih terlihat anggun dan klasik. . Selain ruffle, aksen yang dipasang di gaun juga biasanya lipatan-lipatan gitu, juga untuk memberikan kesan berlapis pada gaun. Ada juga hiasan renda-renda yang dipasang di gaun. keren kan guys?

Perempuan-perempuan pada masa itu juga memiliki gaya rambut yang khas, yaitu digelung tinggi atau curly/twist dan tidak menutupi wajah dan telinga. Kebanyakan mereka menggelung tinggi rambutnya untuk menyesuaikan dengan hiasan kepala yang mereka kenakan. Oiya, hiasan kepala juga populer di masa ini, biasanya mereka mengenakan topi, bonnet, jepit permata ataupun pita rambut. Mereka juga biasanya mengenakan sarung tangan atau gloves ataupun membawa aksesoris kecil seperti kipas tangan.
Gaun-gaun di zaman Victorian emang anggun dan elegan banget dan kelihatan sangat sulit untuk dipakai. Well, perempuan di masa itu emang ngga langsung gitu aja pake gaun yang cakep-cakep itu. ada beberapa lapisan pakaian yang harus dipakai sebelum gaunnya.

Yang pertama yaitu corset. Pada tau dong apa itu corset? sejenis kain yang digunakan untuk menekan bagian pinggang agar terlihat lebih kecil dan ramping.

setelah corset mereka juga kadang pake crinoline, yaitu kawat yang bentuknya seperti sangkar. Kalo diperhatiin, ada beberapa gaun mereka yang menonjol ke belakang kan? nah itu karena mereka pake crinoline ini.

 

kalo pakaian pria pada zaman Victorian kira-kira kayak gini

banyak yang pake coat atau jas, kemeja berkerah tinggi, dasi atau scarf di bagian leher, vest dan sepatu pantopel dan biasanya para pria kalau bepergian suka memakai topi tinggi.

oke guys itu dia ulasan  tetntang fashion mode era victoria, sekarang ane mau ngasih tahu perkembangan dari fashion era victoria tersebut salah satunya adalah fashion lolita karna ane suka jepang sedikitnya ane tahu fashion yang ada disana. lolita apa sih?? berikut ulasanya

Lolita fashion (ロリータ・ファッション Roriita fasshon?) atau mode Lolita adalah mode busana yang umumnya berciri khas pada gaun yang dihiasi dengan kerut dan renda untuk mengekspresikan busana anak perempuan yang penuh dekorasi. Terinspirasi oleh pakaian anak-anak era victoria dan rokoko Prancis, kegelapan era gotik dan anime, mode ini berkembang di jepang pada tahun 1990-an sebagai mode jalanan yang kemudian menjadi subkultur tersendiri dan pada dekade 2000-an telah menarik perhatian publik di luar Jepang.

Istilah Lolita fashion atau hanya Lolita juga dipakai untuk wanita yang mengenakan busana Lolita sebagai sebuah prinsip hidup atau hanya untuk kesenangan. Mode Lolita juga diartikan sebagai pakaian gadis kecil yang dikenakan oleh wanita dewasa.

Hasil gambar untuk pakaian lolita     Hasil gambar untuk pakaian lolita

lucu banget yah jadi pengin pake ane T.T *skip*. So guys meskipun fashion mode ini dari abad pertengahan tapi bkan berarti jadul ya buktinya sampe sekarang pakaian kaya gini masih banyak diminati dan satu lagi fashion gak perlu bergantung sama trend kok. kita bisa menciptakan fashion kita sendiri selama kita percaya diri dan ga ngeganggu orang lain. oke guys sekian dulu postingan ane kali ini semoga bisa jadi inspirasi buat agan dan sista barang kali ada yang mau jadi desainer gitu hehe. Jaa ne ^^

2 comments on “Fashion mode from Era Victoria

  1. ameliariyant berkata:

    Kaya zaman nenek akuya? ;D wkwks

    Suka

  2. inganahpangsuma berkata:

    haha iya mungkin

    Suka

Tinggalkan komentar